5 Manfaat Bawang Merah Untuk Tubuh yang Jarang Orang Ketahui

Bawang merah merupakan salah satu bumbu masak yang sudah cukup dikenal di Indonesia. Komoditas tersebut memiliki nama latin Allium cepa. Rasanya yang pedas dan sedap dapat membuat berbagai hidangan terasa lezat. Lantas tahukah anda jika bawang merah atau bawang merah memiliki segudang manfaat untuk tubuh? Berikut informasinya!

Manfaat Konsumsi Bawang Merah Untuk Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Fungsi pertama yang sangat penting dan harus anda ketahui dari bawang merah adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan jantung. Komoditas ini dapat mengurangi kemungkinan penggumpalan darah yang seringkali menjadi faktor penyebab penyakit jantung. Apabila gumpalan darah dapat dihindari maka peredaran darah akan berjalan dengan lancar.

Bawang merah juga mengandung allicin yang dapat melebarkan pembuluh darah. Kondisi ini akan membuat aliran darah menjadi lancar, sehingga darah dapat menjangkau seluruh bagian tubuh dengan mudah. Apabila sirkulasi darah berjalan dengan baik, maka organ jantung tidak akan bekerja terlalu berat. Perlu diingat bahwa jantung adalah organ vital yang harus dijaga dengan baik.

2. Memiliki Efek Antialergi

Gatal gatal merupakan salah satu tanda tanda orang yang mengalami alergi. Gejala tersebut dapat ditangani dengan bawang merah. Bahkan diantara mereka juga ada yang mengalami gangguan seperti mata yang berair. Kondisi seperti itu pasti menimbulkan rasa tidak nyaman. Bahkan penderitanya tidak dapat beraktivitas dengan baik seperti biasanya.

Bawang merah mengandung senyawa quercetin yang dapat memberikan efek antiinflamasi dan antihistamin alami untuk menurunkan alergi musiman. Senyawa tersebut juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Sekedar informasi, antioksidan juga merupakan sebuah senyawa yang sangat berguna untuk menangkal dampak buruk dari radikal bebas.

3. Meningkatkan Imun Tubuh 

Bawang merah dikenal akan kandungan peptidanya yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dapat mencegah bronchitis dan influenza, dua penyakit yang kerap diderita oleh kebanyakan orang. Selain itu, komoditas tersebut dikenal mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat melindungi tubuh dari gangguan yang disebabkan oleh zat radikal bebas.

Dua zat yang telah disebutkan tadi mampu membantu pertahanan diri dari penyakit. Bahkan tidak berhenti di situ, bawang merah juga dapat membantu pertumbuhan bakteri baik di dalam usus sehingga pengkonsumsinya akan terhindar dari diare. Pencernaan juga akan menjadi lebih sehat tanpa adanya gangguan. Dengan begitu, penyerapan nutrisi juga berjalan dengan baik.

4. Mengatur Gula Darah

Siapa sangka jika bawang merah dapat mengatur level gula darah sehingga tetap dalam kisaran yang normal. Komoditas tersebut mengandung kromium yang merupakan sebuah mineral yang dapat meningkatkan fungsi insulin di dalam tubuh. Bahkan berdasarkan sebuah penelitian, kadar gula darah pasien diabetes dapat ditekan jika mengkonsumsi kromium sebanyak 200 mikrogram.

Berdasarkan sebuah sumber diketahui pula bahwa senyawa sulfur dan quercetin dalam bawang merah dapat memberikan efek antidiabetes. Manfaat tersebut berpengaruh besar kepada anda yang mengalami prediabetes. Dengan begitu, anda kemungkinan diabetes yang parah dapat dicegah dengan baik.

5. Menurunkan Resiko Kanker

Bawang merah juga dapat menurunkan resiko kanker. Kelebihan ini berhubungan dengan kandungan antioksidan yang tinggi di dalam komoditas tersebut. Sebagai informasi tambahan, pasien kanker biasanya baru menyadari penyakitnya saat kondisinya sudah parah. Demi mencegah hal tersebut, tidak ada salahnya bagi anda untuk mulai rajin mengkonsumsi bawang merah.

Walaupun saat ini sudah tersedia banyak suplemen untuk menunjang kesehatan, tidak ada salahnya bagi anda untuk membiasakan diri mengkonsumsi berbagai sayur dan buah. Terkait dengan hal tersebut, tanihub.com adalah solusinya. Berbelanja di sana sangatlah mudah karena dapat diakses melalui smartphone. Cara ini juga menjadi langkah aman selama pandemi berlangsung.

Apa itu TaniHub? TaniHub adalah Ecommerce Pertanian Indonesia yang mengatasi permasalahan rantai pasokan dan distribusi hasil pertanian. Melalui teknologi, TaniHub menghubungkan petani dengan pasar untuk memungkinkan petani menjual produk pertanian dengan harga yang adil dan kuantitas yang berkelanjutan.

Didirikan pada akhir tahun 2015 sebagai aplikasi on-demand untuk mengirimkan sayuran dari lahan pertanian ke rumah tangga, pada bulan Juli 2016, TaniHub mulai merambat ke B2B (Business to Business) serta menyediakan berbagai komoditas pertanian atau produk fresh  РBuah, Sayur, Unggas, Perikanan, Peternakan dan produk non-fresh РSembako, Sabun, Alat Makan, dan lain-lain.