Instagram/rachelmaryams Rachel Maryam mewanti-wanti pada netizen saat menceritakan bahwa ada oknum yang membuat akun Facebook palsu dengan menggunakan namanya untuk modus melakukan penipuan.
WowKeren – Baru-baru ini pesinetron dan politisi Rachel Maryam berhasil menyita perhatian warganet lantaran sebuah postingan terbaru di laman Instagram-nya. Dalam unggahannya, Rachel memberikan imbauan kepada netizen agar lebih berhati-hati lagi dengan modus penipuan yang mengenakan namanya.

Rachel menceritakan bahwa ada akun Facebook palsu yang memakai namanya untuk modus penipuan. “Mohon berhati-hati dengan penipuan yang dilakukan oleh akun cloningan FB saya,” tulis Rachel Maryam mengawali ulasannya di foto postingan.

Dijelaskan kader Gerindra tersebut, Facebook miliknya tidak diretas namun dikloning. “FB saya dicloning bukan dihack. Akun FB asli saya masih ada,” tambah Rachel Maryam.

Lebih lanjut, Rachel Maryam juga menjelaskan bagaimana pemilik akun Facebook palsu tersebut melancarkan aksinya untuk memburu korban. Perempuan kelahiran Bandung ini menjelaskan bahwa pelaku meminta pertemanan terlebih dahulu pada korban untuk kemudian mengirim pesan yang berisi meminta pulsa.

“Modus si FB palsu dengan cara meminta add pal dan kemudian kirim pesan di inbox untuk minta pulsa dan lain-lain,” papar Rachel Maryam. “Dipastikan itu penipuan, bukan akun FB asli saya.”

Dalam keterangan yang mengiringi unggahannya, Rachel Maryam kembali mewanti-wanti agar masyarakat lebih waspada terhadap modus penipuan. “Hati-hati dengan akun FB palsu yg mengatas namakan saya ya guys..Jaman sekarang penipuan merajalela,” pungkas Rachel Maryam.

Tak ayal, unggahan tersebut lantas menuai beragam tanggapan dari warganet di kolom komentar. Rupanya banyak netter yang justru menertawakan modus penipuan tersebut karena meminta pulsa.

“Teh Rachel mah gak mungkin minta pulsa atuh, yang ada malah kirim pulsa ke saya yaaa,” tulis seorang netter dengan menambahkan emoji tertawa. “Percayalan yg centang biru,” sahut netter yang lain.

(wk/lail)