Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing dengan telur puyuh. Sumber protein satu ini bisa diolah menjadi berbagai olahan makanan, yang tidak hanya lezat namun juga kaya nutrisi. Anda pun tidak akan kesulitan mendapatkannya, karena kini sudah banyak yang jual telur puyuh, baik di supermarket atau bahkan dijual secara online.

Kandungan dan Manfaat yang Besar dalam Si Kecil Telur Puyuh

Anda mungkin salah satu yang suka membuat olahan dari telur puyuh ini. Ada banyak kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya serta manfaat yang bisa Anda dapatkan. Disamping itu, Anda tetap tidak boleh mengonsumsi dalam jumlah berlebihan. Ini karena telur puyuh juga dikenal dengan reputasi tinggi kolesterol.

  1. Kandungan Protein Tinggi, sebagai Sumber Energi Hingga Membentuk Massa Otot

Telur puyuh ini termasuk sumber makanan dengan kandungan protein tinggi. 5 butir telur puyuh mengandung 6gr protein, yang juga setara dengan 1 butir telur ayam. Kandungan protein di dalam telur puyuh ini memiliki banyak manfaat.

Protein di dalam telur puyuh bisa menjadi sumber energi dan menjaga stamina. Bagian putih telur juga diklaim bermanfaat untuk pembentukan massa otot. Lebih lanjut, protein yang ada di dalam putih telur juga memberikan manfaat untuk pembentukan sel-sel tubuh.

Kandungan protein yang tinggi dengan berbagai manfaat yang diberikan inilah yang menjadi salah satu latar belakang banyak yang jual telur puyuh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Anda bisa menjadikannya alternatif sumber protein jika bosan dengan ikan atau telur ayam.

  • Kolin dan Vitamin A yang Bermanfaat Menjaga Sistem Imun

Kalau ada yang jual telur puyuh, baik dalam bentuk olahan atau masih mentah, jangan sia-siakan. Anda bisa membeli untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Apalagi Vitamin A dan Kolin.

Satu porsi yang terdiri dari 5 butir telur puyuh memiliki kandungan 119 mg kolin & 244 IU Vitamin A. Dari jumlah ini artinya dalam 1 porsi telur puyuh ini bisa memenuhi 22-28% kebutuhan kolin harian serta 8-10% asupan Vitamin A sehari. Kolin sendiri juga memberikan manfaat untuk menjaga fungsi otak serta menguatkan memori otak pada janin.

Kedua kandungan nutrisi ini bekerja sama untuk memberikan manfaat menjaga sistem imun agar tetap optimal dan mencegah resiko terinfeksi penyakit, utamanya mencegah penyakit jantung. Vitamin A dan Kolin juga bermanfaat untuk menjaga fungsi dari sistem saraf serta indera penglihatan.

  • Lutein untuk Mencegah Penuaan Dini

Kandungan selanjutnya yang ada pada telur puyuh adalah lutein. Lutein ini bermanfaat untuk memperlambat penuaan dini hingga 40%. Kalau Anda sedang mencari toko online yang jual telur puyuh, Anda bisa membelinya di tanihub.com.

  • Zat Besi dan Selenium

Terakhir, telur puyuh juga banyak terkandung selenium dan zat besi dengan jumlah kandungan masing-masing 26% dan 9%. Jumlah ini diklaim lebih banyak dibanding telur ayam. Selenium ini berfungsi untuk memelihara fungsi otak, memperbaiki kerusakan DNA dan meningkatkan metabolisme pada hormone tiroid.

Sementara manfaat dari zat besi adalah untuk membantu produksi sel darah merah yang bisa mencegah terjadinya anemia. Zat besi ini juga berpotensi menjaga dari serangan penyakit jantung.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan apa saja kandungan dan manfaat dari telur puyuh. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mengolah telur puyuh menjadi beragam olahan makanan. Telur puyuhnya sendiri bisa juga Anda beli secara online. Salah satu yang jual telur puyuh ini adalah di tanihub.com. Dapatkan telur puyuh untuk memenuhi kebutuhan Anda di sini sekarang juga.