Salah satu kegiatan yang saya lakukan saat waktu kosong, yakni ngepoin para akun verified (yang ada centang biru di sebelah usernamenya). Entah itu di Instagram ataupun di Twitter. Baik itu postingan di Feed, tales, ataupun thread dari tweet-tweet mereka.

Karena biasanya para pemilik akun terebut bukanlah orang-orang sembarangan. Setidaknya mereka sudah dikenal oleh minimal one thousand hingga 10.000 orang, pasti ada saja hikmah atau hal bermanfaat yang bisa saya ambil dari postingannya.

Terkadang saya sering berpikir, kenapa ya seseorang bisa mendapatkan centang biru di akun instagram ataupun twitter mereka. Oh mungkin mereka terkenal, orang penting, tokoh masyarakat, artis, atlet, ataupun istilah-istilah lain yang mendeskripsikan bahwa mereka orang yang dikenal oleh banyak orang….

Sementara saya cuma orang biasa yang followers gak sampai 200 orang, mustahil akan diberikan apresiasi demikian. Namun ternyata banyak sekali kok akun lain yang memiliki followers hampir satu juta namun tetap saja tidak memiliki centang biru disamping usernamenya. Disisi lain akun yang followersnya dibawah mereka justru mendapatkan centang tersebut.

Baca juga, 5 Rekomendasi Smartphone Terbaik Untuk Gaming, Dibawah 3 Jutaan

Memang apa saja sih indikator yang dapat menentukan sudah layaknya suatu akun untuk mendapatkan centang biru. Oke, cukup menarik sepertinya jika kita mambahas hal tersebut. Artikel ini penting gak penting sih, tapi semua itu tergantung perspektif kalian dalam menyikapinya.

Tapi saya yakin dari ribuan anggapan yang ada setidaknya satu persen diantaranya pasti membutuhkan informasi ini. Jadi dengan segala kerendahan hati, izinkan saya untuk menjabarkannya kepada kalian semua.. Tanpa berlama-lama berikut ini beberapa informasi mengenai akun terverifikasi di instagram maupun twitter..

Apa itu akun terverifikasi

Pada dasarnya verifikasi akun merupakan salah satu fitur yang diprogram oleh Instagram sendiri. Mereka menyebutnya dengan istilah lencana terverifikasi. Maksudnya dari istilah tersebut adalah tanda centang biru yang muncul di samping nama akun instagram baik dalam pencarian maupun profil.

Artinya akun tersebut sudah terkonfirmasi oleh pihak Instagram sebagai akun asli dari tokoh publik, kalangan selebritis, maupun merk international. Setali tiga uang dengan Twitter, secara definisi akun verifikasi dapat dijabarkan demikian.

Cara meminta lencana terverifikasi juga syaratnya…

Nah perlu kalian ketahui bahwasannya Instagram tidak secara otomatis menyematkan lencana terverifikasi terhadap suatu akun. Kita bisa melakukan permintaan lencana tersebut. Bagaimana caranya?? Oke kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut…

* Kamu harus login terlebih dahulu ke akun yang akan diverifikasi.
* Selanjutnya arahkan tampilan ke profil akun kalian dan selanjutnya klik icon menu tiga baris di bagian pojok kanan atas
* Buka menu pengaturan, akun, dan minta verifikasi.
* Isi semua kolom berupa informasi yang diminta oleh pihak Instagram

Jika sudah mengisi semua informasi, maka kamu tinggal mengklik tombol minta verifikasi. Nantinya pihak Instagram akan mengautentikasi semua information yang telah diisi juga menentukan apakah akunmu layak untuk mendapatkan lencana terverifikasi atau tidak..

Bagaimana dengan Twitter?? Pada Twitter, akun dapat terverifikasi jika telah ditetapkan sebagai akun minat publik. Hal tersebut mencakup akun-akun yang dikelola oleh pengguna khusus musik, akting, mode, pemerintahan, politik, agama, jurnalisme, media, olahraga, bisnis, dan bidang minat penting lainnya.

Apa saja hal yang harus kalian penuhi untuk meminta verifikasi akun di Twitter??..

* Nomor telepon yang terverifikasi
* Alamat e mail
* Biodata
* Foto profil
* Informasi tanggal lahir (untuk akun individu)
* tweet kamu harus diset publik..

Jika syarat-syarat diatas telah terpenuhi, kamu bisa langsung masuk ke situs verification.twitter.com. Disana kamu akan diminta untuk mengisi beberapa kolom informasi. Setelahnya kamu bisa klik tombol accept dan Twitter akan melakukan autentikasi knowledge serta memutuskan apakah akunmu layak.

Sumber : jalantikus.comLalu pertanyaannya apa saja syarat yang menjadi indikator acuan agar akunmu terverifikasi oleh instagram dan Twitter? Oke sebagai informasi akan saya jabarkan sebagai berikut:

Untuk Instagram:

* Autentik, akunmu harus bisa mewakili orang, bisnis atau entitas asli yang terdaftar
* Unik, harus mewakili keberadaan orang atau bisnis secara unik
* Lengkap, yakni akunmu harus bersifat publik, memiliki bio, foto profil serta postingan dengan jumlah minimal satu
* Terkenal, akunmu harus mewakili orang, merk, atau entitas yang terkenal dan banyak dicari.

Untuk Twitter :

* Akun asli
* Dikelola oleh pengguna dengan minat musik, akting, mode, pemerintahan, politik, agama, jurnalisme, media, olahraga, bisnis, dan bidang minat penting lainnya.

Nah sekarang pertanyaannya adalah, sudahkah akunmu memenuhi beberapa persyaratan seperti di atas? Jika belum lebih baik kamu mengevaluasi serta memperbaiki semua aspek yang berhubungan dengan persyaratan tersebut sebelum mendaftar.

Seperti membuat konten secara rutin, meningkatkan engagement akunmu dan aspek-aspek lainnya. Atau kamu bisa mencoba untuk memulai memperkenalkan dirimu sendiri berdasarkan pencapaian, prestasi, ataupun hal lainnya yang dapat meningkatkan eksistensi diri. Sehingga jika akunmu banyak dicari, pasti akan lebih mudah mendapatkan lencana verifikasi.

Semoga artikel ini bermanfaat…..

Sumber :

jalantikus.com/cara-membuat-akun-verifikasi-twitter/