Terus terang, postingan tentang cara mendapat standing verified di fanpage facebook ini diinspirasi oleh salah satu komentar di fanpage Jonrupada salah satu postingan tentang akun palsu Jonru di sini. Diantara pro kontra fanpage Jonru, ada beberapa hal yang bisa diambil pelajaran bagi kita yang aktif di pemasaran online memanfaatkan facebook. Bagaimana dia memanage fanpage menjadi sangat ramai dan meskipun di situ banyak hater, mereka tetap membuka fanpagenya…

Oke, jika teman-teman memanfaatkan fb sebagai sarana untuk berjualan online, sudah barang tentu akan menggunakan fanpage facebook. Nah, untuk menambah tingkat kepercayaan konsumen, standing verified pada fanpage itu sangat penting. Karena konsumen akan semakin yakin akan bahwa kita benar-benar berjualan dan tidak menipu. Bagaimanapun, dalam berbelanja online, konsumen itu tetap merasa was-was jika tertipu,

Seperti pada postingan ini, saya memuat 2 contoh fanpage yang berstatus verified.

Kedua fanpage ini sudah lama memiliki standing verified. Yang pertama, fanpage Jonru sejak bulan Mei atau Juni 2014. Yang kedua, fanpage Pak SBYbahkan ketika belum lama dibuat setahu saya sudah langsung verified.

Sebenarnya saya juga mempunyai sebuah fanpage yang statusnya verifed, yaitu fanpage jualan gamis saya Distro Gamis

Tapi memang agak berbeda, Status verified fanpage saya tanda centang berwarna abu-abu, sedangkan pada 2 fanpage contoh di atas berwarna biru. Ada yang mengatakan, warna centang tanda verified itu membedakan antara public figure dan bukan. Tapi itu nggak masalah.

Jadi, bagaimana cara saya mencapat tanda centang verified pada fanpage? Yang saya lakukan adalah sebagai berikut:
1. Buka fanpage yang akan kita verifikasi. lalu buka menu Setting (Pengaturan)

Jika saat halaman Setting dibuka terdapat menu “Page Verification” lalu pada keterangan tertulis “Page just isn’t verified” maka saya mengucapkan selamat! Berarti proses verifikasi fanpage bisa dilanjutkan dengan meng-KLIK tombol Edit pada sebelahnya.

Tetapi, jika tidak ada menu “Page Verification” seperti pada gambar di atas, itu artinya Anda tidak bisa memverifikasi panpage. Penyebab fanpage tidak bisa diverifikasi adalah karena beberapa hal sebagai berikut:

* Tidak ada nomor kontak
* Ada nomer kontak tetapi sering ganti
* Atau hasil merger banyak fanpage
* Anda sedang tidak beruntung… :p

2. Lanjut langkah kedua. Setelah klik EDIT, akan muncul tombol baru yaitu “Verify this Page”… Klik saja…3. Akan muncul Pop Up baru…

Pada Pop Up seperti di atas, klik “Get Started”

Jika fanpage kita sudah disetting dari awal ada nomer kontaknya, maka otomatis di kolom isian nomor telepon akan muncul nomor telepon kita.

Jika belum ada, bisa ditambahkan sendiri. Lalu klik “Call Me Now”

Lalu dari fb akan menghubungi kita untuk memberikan kode verifikasi berupa 4 digit angka yang harus kita masukkan pada kolom isian kode di pop up setelah klik tombol “Call Me Now”

Sesudah memasukkan kode verifikasi, klik “Continue” dan proses verifikasi fanpage akan sampai pada tahap evaluation oleh pihak Facebook.

Saatnya kita menunggu, apakah berhasil atau tidak.Jika berhasil, saya mengucapkan selamat, artinya tutorial cara verifikasi fanpage facebook ini berhasil. Jika gagal yaa mungkin ada kesalahan dalam langkah-langkahnya.

Tulisan ini sudah agak lama saya coba dan berhasil. Fanpage saya Distro Gamis saat ini terverifikasi.

Oke, selamat mencoba.