6 Keunggulan Rumah Panggung Khas Indonesia

Rumah tradisional selain memiliki keunikan bangunan juga memiliki keunggulan tersendiri. Seperti rumah panggung yang merupakan rumah tradisional suku melayu. Seperti namanya, rumah panggung memiliki kolong di bagian bawahnya seperti panggung. Untuk naik ke atas menggunakan tangga pada bagian depan rumah.

Rumah panggung tradisional menggunakan kayu sebagai material utamanya. Namun kini rumah panggung modern menggunakan struktur beton. Selain tidak kalah kuat, penggunaan beton juga lebih terjangkau, apalagi kini ada beton ready mix yang memudahkan segala kebutuhan proyek konstruksi.

Keunggulan Rumah Panggung

Penasaran, apa saja keunggulan rumah panggung? Berikut ulasannya:

  • Tahan terhadap risiko gempa bumi

Rumah panggung menggunakan tiang kayu atau beton sebagai penyangga rumah. Tiang ini dapat menurunkan risiko getaran gempa. Karenanya getaran tidak secara langsung menghantam bangunan utama ketika gempa terjadi. Pada bangunan tradisional hanya kayu terbaik digunakan untuk tiang, yang kuat dan tahan terhadap serangan rayap. Namun penggunaan struktur beton solusi menjadikan pengganti tiang kayu.

  • Tidak takut dengan risiko banjir

Karena bangunan panggung dengan ketinggian tiang beberapa meter di atas tanah, membuat rumah panggung aman dari banjir. Jika terjadi banjir, bangunan rumah dan perabotan akan aman sebab air banjir tidak merendam hingga ke bagian lantai rumah. Penghuni rumah tidak perlu repot-repot menyelamatkan perabotan.

  • Bisa memanfaatkan kolong rumah

Area rumah panggung akan terasa lebih luas karena bagian kolong rumah kosong. Bagian tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk beragam peruntukan, misalnya untuk area bermain anak, garasi kendaraan hingga rumah binatang peliharaan tersayang.

  • Konsep rumah unik dan estetik

Sebenarnya tidak hanya rumah panggung, konsep rumah tradisional selalu memberi kesan yang unik. Jika Anda ingin menghadirkan rumah yang unik juga memiliki sisi estetik, maka desain rumah panggung ini bisa menjadi pilihan. Kesan estetik juga dapat dimunculkan dengan interior kayu yang sangat mencolok pada rumah-rumah panggung.

  • Hadirkan rumah lebih sejuk¬†

Rumah panggung tradisional menggunakan material kayu hampir di semua bagian rumah, dari lantai dan tembok. Tidak heran jika rumah panggung memiliki sirkulasi udara yang baik dan membuat rumah lebih sejuk. Pada desain yang lebih modern, sirkulasi udara bisa dibuat dengan memperbanyak jendela untuk jalur keluar masuk udara dan cahaya matahari.

  • Aman dari binatang buas

Pada mulanya rumah panggung memang didesain untuk menghindari serangan binatang buas. Sebab orang-orang suku Melayu banyak tinggal dekat hutan yang rawan dengan binatang liar. Pada masyarakat modern meski rumahnya tidak lagi dekat hutan, manfaat ini masih bisa dirasakan. Misalkan dari ular yang bisa saja bersarang di sudut-sudut rumah.

Itu dia keunggulan rumah panggung yang merupakan rumah tradisional banyak ditemukan pada Suku Melayu. Ingin menghadirkan hunian dengan desain rumah panggung modern? Percayakan pada SCG CBM Indonesia, penyedia material bangunan yang andal. SCG CBM merupakan perusahaan asal Thailand yang telah dipercaya karena pengalaman dan kualitas yang diberikan untuk konsumen Indonesia.

Anda bisa memilih Jayamix by SCG Beton Waterproof untuk menghadirkan struktur beton pada bangunan rumah panggung. Produk ready mix satu ini cocok untuk tiang rumah dan atap lantai yang harus memiliki struktur kuat.  Jayamix by SCG Beton Waterproof memiliki kekuatan tekanan 300 kg/cm persegi juga kemampuan kedap air yang meningkatkan daya tahan struktur bangunan.

Dapatkan lebih banyak informasi tentang produk SCG CBM Indonesia di website https://scgcbm.id/ dan buktikan sendiri keunggulannya.