TRIBUNNEWS.COM – Saat ini, siapapun pasti mengenal Instagram. Media sosial yang satu ini pun bahkan menduduki posisi ketiga dari lima media sosial paling populer di dunia sepanjang kuartal II 2020 berdasarkan survei yang dirilis Sensor Tower.

Sebagai pengguna Instagram, tentunya Anda tidak asing dengan centang biru yang terdapat di sebelah nama akun seseorang. Nah, centang biru atau Instagram verified blue tick ini merupakan lencana yang diberikan Instagram kepada akun-akun tertentu yang artinya akun tersebut telah diverifikasi keasliannya.

Lebih dari sekadar untuk ‘gaya’, memiliki akun yang terverifikasi dengan centang biru tentu saja akan memberikan banyak keuntungan seperti peningkatan followers, menambah kepercayaan konsumen kepada Anda, meningkatkan brand consciousness hingga membuat akun Anda menjadi lebih profesional.

Nah, jika Anda penasaran bagaimana untuk mendapatkan blue tick atau centang biru di akun Instagram Anda, simak cara dan langkah-langkah berikut, ya!

1. Mempersiapkan Dokumen yang Diperlukan untuk Verifikasi

Perlu diketahui centang biru ini tidak bisa dimiliki semua orang. Instagram akan lebih mudah untuk memberikan lencana verifikasi ini pada akun yang populer/properly-identified serta akun yang memiliki potensi risiko untuk sering dipalsukan.

Sedangkan, untuk akun komunitas atau atas nama perorangan biasanya akan lebih sulit untuk diverifikasi oleh Instagram.

Syarat yang harus dipersiapkan untuk Pengajuan Verifikasi / Blue Tick Akun Instagram diantaranya yaitu List Media Coverage, baik Online (URL) maupun Offline (Foto); memiliki observe report yang Baik (tidak memiliki history pelanggaran aturan Instagram); serta pernah atau sering beriklan di Facebook dan Instagram.

Oh ya, selain itu juga tidak ada syarat minimal followers untuk melakukan pengajuan ini.

2. Lakukan Pengajuan Verifikasi Melalui Aplikasi Instagram

Untuk proses pengajuan verifikasi, Anda bisa membuka menu Settings pada ikon titik tiga yang terdapat pada sebelah kanan tampilan Instagram, kemudian pilih menu Request Verification.

Setelah itu, unggah mengenai knowledge diri Anda untuk akun pribadi atau Sertifikat Merk & Legalitas & List Media Coverage untuk akun model melalui fitur tersebut.

Pengajuan melalui fitur ini biasanya akan memakan waktu lebih lama dan tidak bisa mengetahui informasi progres pengajuannya, apakah status pengajuan diterima atau ditolak.

3. Lakukan Pengajuan Verifikasi Melalui Facebook Representative

Selain melalui aplikasi Instagram, terdapat cara lain yang lebih cepat dan lebih jelas informasi progress mengenai diterima atau ditolaknya pengajuan, yaitu dengan melalui jalur Facebook Representative.

Agar bisa memiliki Facebook Representative untuk akun Anda, ada 2 alternatif yaitu sudah memasang Facebook dan Instagram Ads dengan price range yang cukup tinggi (min. USD 15.000 / three bulan), atau beriklan melalui Agency yang sudah diakui secara resmi oleh Facebook

Nah, salah satu company yang di-handle oleh Facebook di Indonesia contohnya: PAKAR Jasa.

“Kami bisa membantu secara FREE untuk pengajuan Verifikasi atau Blue Tick Instagram untuk klien yang kami manage iklannya. Tetapi apakah di-approve atau tidak, itu one hundred% tergantung dari pengecekan Tim Facebook dan Instagram,” pungkas Tim PAKAR Jasa, salah satu Digital Marketing Agency yang sudah diakui oleh Facebook.

Kemudian, setelah memiliki Facebook Representative, Anda bisa melakukan pengajuan Verifikasi akun Instagram Anda, dengan memberikan knowledge-information seperti: ID Akun Iklan, URL Facebook Page, URL Instagram dan Excel yang berisi List Media Coverage yang Anda Miliki.

four. Tunggu Proses Pengajuan Verifikasi

Setelah proses pengajuan melalui Facebook Representative, biasanya akan memakan waktu lima hari kerja (1 minggu) untuk progres selanjutnya yaitu apakah pengajuan verifikasi Anda di-approve atau ditolak.

Dalam menunggu proses pengajuan ini, terdapat kemungkinan akun Anda akan di-Verified semua yaitu Facebook dan Instagram, di-Verified sebagian (misalnya: Facebook Page menjadi Verified, tetapi Instagram Account tidak), atau ditolak semua.

5. Pengajuan Verifikasi Ulang Apabila Ditolak

Jika ternyata proses pengajuan verifikasi ditolak, Anda bisa melakukan pengajuan verifikasi ulang. Pengajuan ulang ini bisa dilakukan setiap setelah 30 hari dari pengajuan sebelumnya. Kumpulkan 3-5 Media Coverage yang berkualitas, sebelum mengajukan lagi ke pihak Facebook dan Instagram.

Perlu dipahami bahwa keputusan diterima atau tidaknya pengajuan Verifikasi Anda merupakan a hundred% keputusan Tim dari Facebook dan Instagram, ya!