15 Fitur Facebook Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui — Facebook merupakan media sosial paling fenomenal setelah tenggelamnya web seperti Friendster dan Multiply. Web dengan nuansa biru ini didirikan pada tahun 2004 dengan tujuan untuk mempertemukan kembali orang-orang yang sudah lama berpisah. Seiring waktu, Facebook memperbarui fiturnya agar semakin lengkap. Berikut ini hal yang bisa dilakukan bersama Facebook.

15 Fitur Facebook Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Status adalah hal yang paling penting ketika memainkan Facebook. Dengan kotak field “Apa yang anda pikirkan?”, kita bisa mengisi hal apa saja sesuai dengan apa yang dipikirkan. Status akan muncul di timeline profil sendiri dan juga news feed daftar teman anda. Status tidak hanya berupa kata, di dalamnya bisa ditambah emoji, tempat, atau aktivitas dengan gambar.

1. Mengunggah Foto dan Album

Layaknya album foto, Facebook dikenal sebagai platform media sosial pertama yang menggantikan album foto berbentuk buku menjadi versi online. Anda dapat menaruh banyak foto dalam sebuah album berjudul. Di masing-masing foto, bisa ditambahkan keterangan. Album juga bisa diberi judul, tag tempat, dan deskripsi yang menggambaran suasana album tersebut.

Tidak hanya kata-kata dan foto, di Facebook juga bisa mengunggah video. Videonya tidak dibatasi seberapa panjang durasinya, hanya untuk ukuran, anda perlu memperhatikan seberapa lama video itu nantinya bisa terunggah. Anda bisa mengunggah beberapa video dalam satu postingan, namun kumpulan video tidak bisa dijadikan album seperti foto.

Read More 4 Fakta Menarik ‘S Mode’ yang Siap Gantikan ‘Windows 10 S’

Memulai percakapan dengan teman bisa dilakukan dengan menulis di dindingnya. Caranya, pergi ke akun profil teman, lalu tuliskan apa yang ingin disampaikan dalam box dinding. Tulisan akan munvul di timeline-nya. Dahulu, Facebook hanya bisa melakukan dinding ke dinding untuk membalas. Namun kini, di pesan dinding ada pilihan komentar sehingga bisa dibalas langsung di kolomnya.

Untuk obrolan yang serius atau ranah pribadi, tulislah di pesan pribadi ke orang yang dituju. Status dan dinding dapat dilihat orang lain, namun pesan pribadi tidak akan bisa. Pesan masuk akan tercantum dalam “kotak masuk” dan bisa ditandai untuk unread. Di dalam pesan pribadi, anda memungkinkan untuk mengirim foto dan dokumen juga sebagai lampiran.

1. Meninggalkan Komen dan Reaksi

Di Facebook, anda bisa berkomentar dalam sebuah postingan. Tidak hanya standing, tetapi juga album, link yang disampaikan halaman penggemar dan postingan grup. Selain berkomentar, anda juga bisa meninggalkan reaksi berbentuk emoji. Emoji terdapat beberapa pilihan yaitu suka, haha, sedih, marah dan hati.

Fungsi membagikan standing, sama saja dengan anda membiarkan daftar teman mengetahui postingan tersebut. Meski, hanya postingan publik saja yang bisa dibagikan. Membagikan standing dapat dibubuhi komentar atau opini anda kemudian akan tercantum dalam timeline anda sebagai standing. Teman dapat meninggalkan komentar atau reaksi di kolom standing yang anda bagikan.

1. Berteman, Remove dan Blokir

Read More 7 Fakta Instagram Yang Mungkin Tidak Kalian Ketahui

Facebook memang diciptakan untuk bertemu kembali dengan kawan lama, namun tidak menutup kemungkinan untuk berteman dengan orang baru. Saat memutuskan berteman, artinya akan terjadi mutual di mana anda bisa melihat postingan orang tersebut begitu pula sebaliknya. Jika anda merasa tidak nyaman, anda bisa memilih untuk me-remove atau memblokir.

Me-remove teman tidak akan diketahui oleh orang yang di-remove, hanya saja anda dan mantan teman anda akan tidak bisa melihat postingan satu sama lain. Berbeda dengan blokir, maka anda dan mantan teman anda tidak akan saling bisa melihat profil Facebook.

Grup bisa dibuat untuk mengumpulkan orang-orang dengan minat yang sama, juga untuk melakukan forum jual beli. Kapasitas anggota grup bisa mencapai ribuan orang. Anggota grup akan berinteraksi dengan cara menuliskan postingan di dinding grup, kemudian meninggalkan komen atau reaksi tertentu di setiap postingannya. Orang yang membuat grup disebut admin dan memegang kendali.

Halaman adalah tempat mengumpulkan orang dengan minat yang sama, namun sifatnya umum dan penyukanya tidak perlu meminta persetujuan admin layaknya grup. Halaman bisa untuk komunitas, penggemar, atau bahkan profil selebritis. Untuk meyakinkan bahwa akun tersebut adalah asli dikelola orang bersangkutan, bisanya ada centang biru atau verifikasi di samping nama halaman.

Jika membuat standing terlalu umum dan mudah tertimbun, berbeda dengan catatan. Catatan biasanya mirip seperti status namun anda bisa menuliskan kata-kata dalam jumlah yang cukup banyak. Setaip catatan akan ada judulnya, dan orang yang bisa membacanya bisa memberikan respon berupa reaksi atau komentar.

Facebook menghadirkan fitur occasion di mana anda bisa membuat acara dan mengundang teman-teman anda. Bentuknya mirip seperti kartu undangan. Orang yang diundang bisa memilih untuk datang, tidak atau belum tahu sebagai bentuk RSVP terhadap occasion.

1. Melakukan Siaran Langsung

Fitur siaran langsung memungkinkan anda untuk membagikan momen yang sedang berlangsung kepada teman-teman anda. Siaran langsung menyediakan kolom komen sebagai partisipasi teman anda yang menyimak tayangan siaran langsung. Ftur ini disebut dengan “Facebook Live”

1. Menyari Topik dengan Tagar

Layaknya internet twitter, Facebook juga dapat menuliskan tagar yang bisa diklik untuk mencari tema atau postingan bernada serupa. Bedanya, di Facebook tidak menjadi trensing subject dan terhalang dengan privasi yang memosting. Jika publik, maka postingan bertagar akan terlihat oleh siapapun.

Tidak hanya sebagai media sosial, Facebook juga memudahkan anda yang ingin melakukan pemasaran. Marketplace bisa dilakukan di grup dengan box harga, juga bisa melalui fanpage. Untuk beriklan, anda bisa membayar Facebook menggunakan kartu kredit. Iklan bisa harian atau bulanan dengan harga yang lumayan terjangkau.

Sekian artikel mengenai 15 Fitur Facebook Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda dalam menggunakan fb.

Jika Anda menyukai artikel ini jangan lupa like, share, dan subscribe!

> Science with out religion is lame, religion without science is blind.

¬ Albert Einstein