Instagram merupakan sebuah media social yang tidak hanya berfungsi untuk membagikan postingan postingan pribadi. Saat ini instagram juga berperan dalam membantu penggunanya untuk mengolah bisnis bahkan menjadi media promosi bagi para selebgram dan Artis.

Namun disisi negatifnya, di instagram juga banyak sekali akun palsu yang hanya bertujuan untuk menaikkan follower. Akun palsu ini sangat sulit dibedakan. Mereka menggunakan nama yang sama dan foto-foto yang sama (dengan akun yang ditiru) agar pengguna lain tertipu dan akhirnya memfollow akun tersebut. Akun yang biasanya ditiru adalah akun artis dan selebgram.

Namun ternyata ada satu cara untuk dapat membedakan mana akun yang asli dan mana akun yang palsu. Caranya adalah dengan melihat tanda guidelines berwarna biru disebelah nama profil. Dengan begitu kalian tidak akan salah orang ketiika berinteraksi dengan akun tersebut.Tanda ini biasa disebut Lencana Biru. Jika kalian penasaran dengan tanda guidelines biru tersebut, kalian bisa melihat gambar dibawah ini.

contoh akun terverifikasiTanda centang biru atau sering disebut Lencana biru ini menandakan bahwa Pihak Instagram sudah menkonfirmasikan bahwa akun tersebut merupakan akun yang autentik dari tokoh public, selebriti, atau merk global yang diwakili.

Jika kita kembali ke masa lalu, ternyata verifikasi akun ini merupakan suatu hal yang sangat sulit. Bahkan diantara pemilik merk dagang terkenal dan artis pun sulit untuk mendapatkannya. Namun ternyata saat ini verifikasi akun bisa diajukan oleh siapa saja. Tentunya dengan syarat tertentu. Semua pengguna berkesempatan untuk menjadikan akunnya terverifikasi. Selain itu saat ini proses verifikasi akun terbilang sangat transparan.

Syarat mengajukan verifikasi di instagram
Awalnya Instagram hanya memberikan akun terverifikasi dengan syarat pemilik akun tersebut adalah akun pesohor seperti artis, atlit, politikus, dan lainnya. Namun untuk saat ini syarat tersebut sudah tidak berlaku lagi.

Akun terverifikasi dari Instagram sudah bisa dinikmati oleh semua pengguna, namun untuk menggunakan fitur ini kalian harus memiliki Instagram versi terbaru. Setelah itu kalian hanya perlu mendaftar di menu pengaturan yang sudah disediakan instagram dan menunggu konfirmasi dari pihak Instagram.

Cara mengajukan verifikasi agar dapat lencana biru dari instagram
Untuk mendapatkan akun terverifikasi kalian harus mendaftar terlebih dahulu. Berikut adalah cara mendaftar akun terverifikasi di Instagram:

Step 1. Masuk ke menu profil dengan cara faucet siluet orang di kanan bawah layar utama Instagram

menu awal InstagramStep 2: Pilih icon garis three pada kanan atas layar profil, maka layar akan bergeser dan muncul menu baru

Menu Profil InstagramStep 3: Pillih Pengaturan

Masuk ke PengaturanStep 4. Setelah masuk ke pengaturan piih akun

Pilih AkunStep 5: Pilih minta verifikasi

Pilih VerifikasiStep 6: Kalian akan diminta memasukkan information pribadi dan kategori akun kalian, isi sesuai dengan data pribadi kalian, setelah itu upload KTP atau kartu identitas. Jika sudah tap Kirim

masukkan identitas yang lengkapStep 7: Permintaan verifikasi sudah dikirimkan kalian akan dikabarkan melalui e mail apakah pengajuan verifikasi disetujui atau tidak. Jika lencana verifikasi akun disetujui maka akan ada tanda ceklis biru disebelah nama kalian

pengajuan verifikasi akun berhasilSangat mudah bukan? kalian juga bisa mencobanya sendiri. Pendaftaran akun tersebut sudah saya ajukan sekitar 3 hari yang lalu. Hingga saat ini belum ada email dari Instagram perihal diterima atau ditolaknya akun tersebut. Jika saya sudah menerima e mail, maka tulisan ini akan segera saya replace.

Waktu yang dibutuhkan untuk verifikasi akun instagram
Setelah kalian mengirim permintaan ke Instagram, maka pihak instagram akan meninjau akun kalian. Kalian akan menerima notifikasi pemberitahuan apakah akun kalian berhasil mendapatkan lencana biru atau tidak. Waktu yang dibutuhkan untuk meninjau akun adalah sekitar 2 sampai three minggu.

Jika Instagram menolak akun kalian, maka tetap ada pemberitahuan. Jika akun kalian ditolak, tidak perlu Khawatir karena kalian masih tetap bisa mengajukan lagi setelah 30 hari terhitung ketika akun kalian selesai ditinjau dan kalian sudah mendapatkan pemberitahuan.

Alasan Lencana Biru di Nonaktifkan Oleh Instagram
Jika kalian sudah mendapatkan lencana biru maka kalian harus menjaganya baik baik. lInstagram bisa menghapus lencana tersebut kapan saja. Lencana biru yang kalian miliki bisa diambil kembali oleh Instagram.

Lencana Biru pada akun instagram kalian merupakan sebuah asset yang sangat berharga. Tentu saja kalian bisa menjualnya dengan harga yang sangat mahal karena akun lencana biru ini cukup banyak diminati orang. Namun Instagram sudah memperingatkan para pengguna untuk tidak mentransfer, mengiklankannya atau menjual akun lencana biru. jika kalian masih tetap ingin menjualnya maka lencana tersebut akan dinonaktifkan oleh pihak Instagram dan lencana biru kalian bisa hilang.

Kesimpulan
Saat ini membuat Akun terverifikasi atau centang biru tidaklah sesulit dulu. Kalian hanya perlu mendaftar dan jika data data kalian benar maka dapat dipastikan kalian sudah bisa menikmati tanda centang biru disebelah nama kalian.

Dengan adanya lencana biru kalian juga tidak perlu khawatir jika ingin berkomunikasi pengguna lain. Kalian tidak perlu khawatir bahwa akun tersebut palsu karena kalian cukup melihat tanda centang biru di akun tersebut.

Itulah sekilas tentang cara membuat akun Terverifikasi. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan member komentar.